Sabtu, 03 Maret 2012

Penyebab Takabbur

(Janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia karena sombong dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. ” [Luqman : 18])


Manusia hidup tidak lepas dari penyakit-penyakit hati yang akan menyengsarakan dirinya nanti kelak di akhirat. diantara penyakit hati itu adalah Takabbur (sombong). adapun penyebab-penyebab takabbur adalah:
1. Katsrotul Ilmi (banyak ilmu)
Dengan banyak ilmu manusia kadang meremehkan orang lain, sehingga memandang semua orang lebih rendah darinya.

2. Katsrotul A'mal (banyak amalnya)
Banyak amal, ibadah dapat mengakibatkan orang bersikap sombong, karena menganggap dirinyalah yang paling banyak amalnya.

3. Katsrotul Amwal (banyak harta)
Disekiar kita banyak kita lihat orang yang kaya menganggap dirinya yang paling terpandang di daerahnya karena banyak harta. Mereka tidak sadar bahwa kelebihan yang mereka dapat adalah rizki dari Allah. Orang yang sombong karena banyak harta seumpama kacang yang lupa akan kulitnya.

4. Katsrotul A'wan (banyak pendukung)
Banyak pendukung dapat menyebabkan sifat sombong. Banyak kita lihat pemimpin dalam masyarakat maupun pemerintahan. karena mendapat dukungan masyarakat luas sehingga menjadi sombong dan lupa tugas utamanya sebagai pemimpin masyarakat.
5. Al-Jamal (ketampanan/kecantikan)
Karena merasa paling tampan, paling cantik dan mendapat pujian dari teman-teman dekat mereka, sehingga menganggap dirinya paling diperhatikan.

6. Al-Quwwatu (kekuatan)
Kekuatan dalam politik, kekuatan dalam mempengaruhi masyarakat sehingga merasa dirinya paling hebat, paling kuat.

7. Katsrotut Talaamidz (banyak murid)
Dalam lembaga pendidikan umum, madrasah maupun pondok pesantren, seorang kepala lembaga kadang kala merasa bangga dengan banyaknya siswa yang belajar di lembaganya, sehingga timbullah rasa takabbur yang akan merugikan dirinya sendiri maupun lembaganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar